Senin, 22 November 2010

Organisasi & Metode 5

  1. Cara penyusunan paper / warkat bisa dilakukan beberapa cara, misalnya:
-        Sistem penyusunan papers menurut abjad
-        Sistem penyusunan papers menurut subyek
-        Sistem penyusunan papers menurut nomor
-        Sistem penyusunan papers menurut daerah
-        Sistem penyusunan papers menurut waktu

  1. Jenis warkat wesel, cek, maupun surat pembelian menggunakan sistem penyusunan warkat menurut nomor. Karena penyusunan papers ini dengan jalan menempatkan file-file ke dalam tempat yang sesuai untuk kemudian setiap tabs (lembaran menonjol) sehingga jelas menjadi pembatas antara bagian-bagian yang berbeda dari masing-masing file dibubuhi nomor dan menempatkannya sesuai dengan nomor surat.

  1. RECORD RETENTION SCHEDULE adalah suatu kebijaksanaan yang harus dilakukan dalam rangka proses manajemen, yaitu yang berhubungan dengan penggolongan, pemilihan, distribusi ataupun disposisi dari record untuk menentukan records yang mana yang perlu tetap disimpan untuk selama-lamanya serta jenis-jenis records yang mana dan dalam jangka waktu berapa lama pula perlu dimusnahkan karena sudah tidak diperlukan lagi.

  1. Yang dimaksud dengan TABULATING yaitu mengumpulkan data dan fakta yang sesuai dengan cakupan bidang masing-masing menjadi suatu daftar atau tabel sehingga tidak terjadi pengulangan kata atau kalimat, sehingga bisa memberikan analisa yang rasional, objektif dan menunjukkan logika hubungan antara data, fakta peristiwa dan dampaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar